Apa yang ada di pikiran kamu ketika melihat sampah? Tahukah kamu bahwa saat ini sampah masih menjadi masalah besar yang harus dihadapi oleh Indonesia? Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, jumlah sampah pun terus bertambah. Rendahnya tingkat kepedulian masyarakat juga menjadi salah satu faktor yang memperparah kondisi ini. Pulau Bali pun tidak dapat menghindar dari permasalahan sampah. Bahkan, Bali telah mendeklarasikan status ‘Darurat Sampah’ karena tumpukan sampah di pantai yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di dunia, sudah sepatutnya Bali menjadi tempat yang nyaman untuk para turis untuk berlibur dan bersantai dengan pemandangan pantai yang indah dan menakjubkan. Namun, keindahan Pulau Bali kini seakan pudar tertutup oleh tumpukan sampah yang sebagian besar merupakan sampah plastik yang dibuang oleh manusia. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai menjadi faktor utama yang sulit untuk dihilangkan. Selain kesadaran masyarakat, masalah sampah di Bali juga kian memburuk saat musim hujan karena kencangnya angin selama musim hujan mendorong sampah yang ada di laut hingga sampai ke pinggiran pantai.

Kondisi ini patut penjadi perhatian bagi kita semua. Sebagai salah satu tujuan wisata yang paling digemari di dunia, menjaga dan melestarikan kebersihan pantai Bali menjadi tanggung jawab kita semua sebagai warga negara. Selain untuk tetap menjadikan Bali sebagai daya tarik wisata, menjaga kebersihan pantai juga perlu dilakukan untuk menjaga ekosistem laut. Pantai yang tercemar juga dapat merusak ekosistem kehidupan makhluk hidup di laut, meningkatkan risiko terjadinya bencana banjir, bahkan dapat melukai dan membunuh hewan laut yang terjebak oleh sampah plastik yang sampai ke lautan.

Hal ini menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi Biznet, dan mendorong Biznet untuk turut mengambil peran dalam menjaga kebersihan pantai Bali. Biznet mengajak masyarakat untuk lebih peduli akan kebersihan pantai Bali dengan melakukan langkah nyata, salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan plastik, dan membantu menyebarkan pesan penting bagi masyarakat luas tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai Bali. Mari sama-sama kita bangun kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan pantai kita, demi kehidupan generasi mendatang.